Sistem Embedded: Project 9

 Project 9: Insert ESP32 Data Into MySQL


HALOO GESSSS!!!...............

SEMOGA KALIAN SEHAT-SEHAT AAMIINNN....

Okee tanpa basa-basi, tak terasa saya sudah mengerjakan 9 project yang sangat menyenangkan ini :D. Untuk kalian yang mau melihat-lihat project-project ku sebelumnya bisa melihat link ini yakk (amriz's blog).

Nahh, dalam project ke-9 kali ini saya akan membahas seputar bagaimana memasukkan data DBMS MySQL dengan menggunakan PHP dan juga extensions PlatformIO pada VSCode, tentunya masih dengan mikrokontroler yang sama yaitu ESP32. Nah untuk kalian yang penasaran simaklah pembahasan berikut yaa!!

Untuk alat dan bahan yang akan saya gunakan yaitu : 
  1. ESP32
  2. Kabel Jumper
  3. BMP280
  4. DHT11
  5. Breadboard
  6. Laptop
  7. Kabel USB
  8. Hosting Server dan Domain
  9. Database (phpMyAdmin)
Nah pada percobaan ini, sama seperti pada project sebelumnya, saya menggunakan BMP280 dan juga DHT 11, sebagai pengganti BME280, sekalian sebagai bahan EKSPLORASI saya agar mendapat NILAI A :D hehehehehehehe......

Dan dapat dilihat juga, percobaan kali ini akan menggunakan hosting server beserta domainnya, yang akan dihubungkan pada database phpMyAdmin. Nah untuk web hosting nya sendiri, saya menggunakan 000webhost.com, karena GRATIS, maklum lah anak kostt. 

Untuk proses step by step nya sendiri dapat dilihat pada gambar berikut.

Dan, untuk proses secara keseluruhan yang saya lakukan yaitu : 

— Tahap Awal: Preparing MySQL Database
  1. Bukalah web 000webhost.com !!
  2. Klik GET STARTED
  3. Kalian akan diarahkan ke menu pembayaran, namun piliih Free Web Hosting saja, dengan menekan Free Sign Up.

  4. Lalu, kalian diminta untuk memasukkan data kalian, tetapi saya disini akan mencoba log in dengan akun google saya.

  5. Lalu klikk "lets create some magic"

  6. Pilih “Other” dengan mengklik tombol “Select”.

  7. Lalu, masukkan nama web kalian (opsional) beserta passwordnya.

  8. Tahap berikutnya, kalian bisa memilih “upload your site” seperti gambar berikut.
  9. Lalu, akan terbuka dua buah tab, yaitu localhost, dan tab yang akan memperlihatkan “My Sites” dengan tampilan seperti berikut. 
  10. Untuk tab pertama pada project web kalian, pilih "Manage Website"

  11. Lalu pada bagian kiri terdapat bar, dan pilihlah "Tools", dan pilihlah "Database Manager".
  12. Lalu, klik "New Database", dan kalian akan diminta untuk memasukkan Database Name, beserta password (Jangan lupa untuk mengingat password database kaliann :D)
  13. Nah, setelah membuat database, klil tombol "Manage" → "phpMyAdmin"

  14. Setelah mengklil "phpMyAdmin", akan terbuka tab baru yang mengarahkan ke database phpMyAdmin tersebut.

  15. Lalu pada bagian kiri, pilihlah database kalian, di tampilanku saya akan memiliki "id20500425_databaseproject10", lalu buka menu "SQL", dan masukkan kode seperti yang saya masukkan, untuk menyimpan record, setelah itu pilih tombol "Gojika kalian kembali memilih database kalian pada sebelah kiri, tampilan yang akan muncul seperti berikut.".

  16. Jika kalian kembali memilih database kalian pada sebelah kiri, tampilan yang akan muncul daftar relasi seperti berikut. Dan database kalian berhasil dibuat..

— Tahap Tengah: Insert Data in SQL Database
  1. Bukalah tab file manager, yang telah terbuka sebelumnya.

  2. buka folder "public_html", lalu tekan "New File", pada kanan atas, lalu beri nama "post-esp-data.php", lalu "Create".
  3. Lalu klik kanan pada file tersebut, dan tekan "Edit". Lalu masukkan, kode berikut, dan pada kode tersebut jangan lupa untuk mengganti database name, database user, dan database password. Untuk kalian yang lupa, id dan name database bisa dilihat kembali pada Tools → Manage Database.


  4. Lalu, sama seperti sebelumnya tambahkan file lagi dengan nama "esp-data.php", lalu isi dengan kode berikut, dan jangan lupa juga untu mengganti database name, database user, dan database password.

  5. Untuk melakukan pengecekan apakah kode dapat berjalan atau tidak, bisa langsung membuka "https://example.com/post-esp-data.php", dan https://example.com/esp-data.php, ubah example tergantung dari domain web kalian. Jika tampilan seperti berikut maka file berhasil di upload
— Tahap Tengah: Connect it with ESP32
  1. Nahh Buatlah rangkaian ESP32 terlebih dahulu.

  2. Teruss, seperti biasa di PlatformIO, upload kode berikut. Dan karena saya make BMP280 dan DHT11, jadi jangan lupa untuk menambahkan library-library nya terlebih dahulu. :D, dan juga jangan lupa untuk memasukkan SSID beserta password dari WiFi kalian, dan juga server name dari web kalian. 

  3. Setelah berhasil mengupload pada serial monitor akan tampil pesan seperti berikut.

  4. Setelah itu pada web dan phpMyAdmin akan muncul record-record seperti berikut. ALHAMDULILLAH........




Mungkin saat mencoba berbagai step diatas, saya memiliki kendala saat membuat blog ini, karena sangat panjang, dan sangat penuh, dengan gambar-gambar, dan kadang saya lupa untuk screenshot, dan perlu mengulang step-step sebelum nya WKWKWK. 

OKEEE MUNGKIN SEKIA BLOG YANG SANGAT PANJANG INII...

Komentar