Sistem Embedded: Project 10

 Project 10: Plotting Sensor Reading


Okee yoyoyo watsap, welkombek wid mi amriz the emzizz, ya kali ini menjadi project terakhir saya... sebelum UAS T_T. Dan kali ini saya akan mencoba bereksperimen dengan plotting sensor reading pada sebuah web page yang akan di bangun. Sebenarnya project ini mirip dengan project 9, namun kali ini web akan ditampilkan dalam bentuk grafik.

Untuk alat dan bahannya sendiri, sama seperti pada project 10: 
  1. ESP32
  2. BMP280
  3. DHT11
  4. Kabel USB
  5. Laptop
  6. Breadboard
  7. Database and WebHost
Untuk step-step nya yitu : 
  1. Buat database phpMyAdmin untuk menyimpan record, dan buat sebuah tabel seperti pada gambar dibawah. 

  2. Terusss, buatlah file dalam file manager 000webhost dengan nama "post-data.php" dan masukkan kode dibawah ini, dengan mengganti nama, username, dan password dari database tersebut.
  3. Setelah itu buat file baru lagi dengan nama "esp-chart.php", dan isi dengan kode berikut, sekali lagi jangan lupa ganti nama, username, serta password dari database. 
  4. Laluu, rangkai ESP32 dan sensor-sensornya, dan upload kode berikut menggunakan PlatformIO VSCode, sekali lagi jangan lupa untuk menambahkan library-library yang dibutuhkann. Nah di kode ini, sya mengganti banyak hal, mulai dengan penggunaan BMP280 dan DHT11, sampai dengan delay untuk mengirim http post request menjadi 5 detik saja.




  5. Dan pada database akan terlihat record-record yang bermunculan.

  6. Lalu, pada web /esp-chart.php akan muncul plotting-plotting grafik nya.


OKEE SEKIAN PROJECT TERAKHIR SAYA T_T, semoga ilmu yg saya dapatkan selama ini menajdi berkahh, dan terima kasihh juga kepada dosen SISTEM EMBEDDED (Bapak Dr. Ir. Albarda, M.T. dan Bapak Dr. Kusprasapta Mutijarsa) atas semua ilmu yang telah diberikan. Terima kasihh juga kepada kakak-kakak asisten sistem embedded atas bantuannya selama ini.

SAMPAI JUMPA DI PROJECT AKHIR DAN UAS....

LOPYU ALL....

Komentar