Sistem Embedded: Project 7

 Project 7: Bluetooth

Okee, welkom back wid mi AMRIZ the EMZIZ. Pada Project ke-TUJUH kali ini saya akan melakukan beberapa perintah yang disuruh oleh mata kuliah SISTEM EMBEDDED saya. Oke tanpa basa-basi saya akan mencoba BLUETOOTH yang dimiliki oleh ESP32. Bluetooh sendiri adalah jaringan wireless yang dapat digunakan untuk mengirimkan suatu data antar perangkat (Untuk lebih lengkapnya ambil mata kuliah JARKOM YEE). 

NAH percobaan ini saya akan mencoba BLUETOOH CLASSIC dan BLUETOOTH LOW ENERGY (BLE).  Untuk perbedaan dari kedua jenis BLUETOOTH tersebut, baca sendiri teks dibawah 


Untuk alat dan bahan yang digunakan yaitu : 
  1. ESP32
  2. Breadboard
  3. Kabel USB
  4. Kabel Jumper
  5. LED
  6. BMP180
  7. Resistor 330 Ohm
  8. Smartphone
  9. Aplikasi Mobile Serial Bluetooth Mobile (Play Store ada kok)
  10. nRF connect (ini juga ada di play store)

-- Bluetooth Classic

Untuk percobaan pertama pada project ini, saya akan mencoba menuliskan dan mengirimkan pesan dari HP saya ke ESP32 (dan juga sebaliknya) dengan bantuan bluetooth. Untuk rangkaiannya tidak sulit, cukup hubungin ESP32 ke laptop/komputer kalian dengan bantuan kabel USB. Namun karena saya pengen dapat indeks A, saya mencoba untuk menggunakan komponen tambahan dengan

Namun sebelum lanjut, diharuskan untuk menginstall "Serial Bluetooth Terminal" di Mobile Store. 

Setelah menginstallnya, untuk rangkaian pertama yang saya gunakan hanya ESP32 yang disambungkan ke laptop saya menggunakan kabel USB. Karena pada percobaan ini saya hanya ingin mencoba untuk mengirim dan menerima pesan antar aplikasi Serial Bluetooth Terminal dan ESP32 saya.

Untuk program dan penjelasan yang saya gunakan dapat dilihat pada gambar berikut.

Setelah mengupload program, pada smartphone nyalakan bluetooth dan sambungkan dengan device dengan nama "ESP32_Ahmad_Rizki"

Setelah itu buka aplikasi Serial Bluetooth Terminal, pada menu device klik ESP32_Ahmad_Rizki untuk mulai mengirimkan pesan.


Setelah itu komunikasi sudah dapat dilakukan, oyeah



-- Bluetooth Low Energy

Okkee, lanjut lagi ke eksperimen selanjutnya, namun untuk memulai perlu menginstall aplikasi nRF Connect for Mobile, dimana aplikasi ini akan menggunakan bluetooth low energy untuk menghubungkan ESP32 dan perangkat mobile yang digunakan.

Pada percobaan kali ini rangkaian yang digunakan juga cukup menggunakan ESP32 yang disambungkan ke laptop dengan kabel USB dengan protokol UART, dan untuk program yang digunakan yaitu : 

Setelah program tersebut di upload ke dalam ESP32, maka pada serial monitor akan memunculkan seperti pada gambar berikut yang menandakan bahwa Bluetooth Low Energy siap untuk digunakan.

Lalu setelah berhasil, mengupload program, maka kita perlu menghubungkan perangkat mobile dengan ESP32 dengan menggunakan nRF Connect for Mobile, yaitu dengan menekan Scan untuk mencari koneksi bluetooth ke ESP32, Lalu tekan Connect

Setelah berhasil terhubung, pada bagian Client pada nRF Connect akan terlihat Pesan yang dikirimkan dari ESP32 beserta UUID nya, seperti pada gambar berikut.

-- Eksplorasi : Control LED and Display using Bluetooth Classic with BMP280 Sensor

Kemudian lanjut ke project eksplorasi saya dimana saya akan mengontrol LED, BMP280 Sensor, dan Display dengan menggunakan Bluetooth melalui perangkat mobile saya. 

Untuk rangkaian yang saya gunakan yaitu, 

dan untuk kodingan saya mengimport library Adafruit BMP280, Adafruit SSD1306, Adafruit GFX, Adafruit Unified Sensor : 

dan setelah program di upload rangkaian dapat di kontrol melalui Serial Bluetooth Terminal, dengan menyambungkan Bluetooth ke perangkat mobile, yang dapat dilakukan seperti percobaan sebelumnya. Untuk memudahkan, kita dapat menggunakan fitur shorcut pada aplikasi Serial Bluetooth Terminal untuk memudahkan dengan mengatur valuenya terlebih dahulu dengan cara menekan lama untuk setiap shortcut macro, yang dapat dilihat seperti pada gambar berikut



Jika sudah, klik tombol connect di kanan atas, dan kalian tinggal menekan tombol shortcut pada terminal dan amati yang terjadi.

Dan untuk hasil yang saya dapatkan dapat dilihat pada video berikut.



 SEKIANNNN TERIMA KASIHHH ...... 

Komentar