Sistem Embedded: Project 8

Project 8: ESP32 Web Server


#MODE RAMADHAN

----------------------------------------------------------------------------------
#untuk yang nonis skipp bagian ini, entar kalian login gess :)

السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللَّهِ وَبَرَكاتُهُ

Alhamdulillahi rabbil al-alamin, wa’ sholatu  wa salam ‘ala asyrafil-anbiya wal-mursalin, nabiyyina wa habibina muhammad wa ala alihi wa shahbihi ajma’in, wa man tabi’ahum bi ihsanin ila yaumiddin. Amma ba’du

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji serta syukur kita kehadirat ALLAH SWT, karena berkat kehadirat-Nya lah, saya dapat diberikan kesehatan untuk mengerjakan PROJECT 8 saya kali ini.

Sholawat dan salam juga sepatutnya kita kirimkan kepada rasulullah, nabi MUHAMMAD SAW, beserta para keluarga, sahabat, dan pengikutnya termasuk kita semua. Semoga kita diberikan syafaatnyta kelak AAMIINNN.


-- Controlling LED and Display from Web Server via WiFi


Oke lnngsung saja kembali lagi bersama aku. amriz di PROJECT 8 kali ini. Nahh, untuk project 8 kali ini saya akan melakukan percobaan yang sangat menarik dimana saya akan memanfaatkan WiFi kostan saya yang agak lambat ini untuk mengontrol berbagai komponen sistem Embedded yang akan saya gunakan. 

ESP32 sebuah mikrokontroler yang punya modul WiFi juga lohhh, keren gk tuhhh. ESP32 WiFi communication memungkinkan ESP32 untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi dan mentransfer data secara nirkabel. Ini sangat penting dalam Internet of Things (IoT) karena memungkinkan perangkat IoT untuk terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan perangkat lain untuk memperoleh, mengirim, dan menganalisis data. Penerapa IoT dalam kehidupan sehari-hari juga tidak jarang telah kita temui, seperti lampu yang dapat dikontrol dari HP, TV yang dapat dikontrol dari HP juga, dan masih banyak lagi

Nah kali ini saya juga akan mengilustrasikan penerapan tersebut namun dengan analogi Lampu dengan LED, serta TV dengan OLED Display yang saya miliki. Juga sebagai eksplorasi dari randomnerd tutorial dengan penambahan LED, dan juga display. Untuk alat dan bahan yang saya gunakan pada project kali ini : 
  1. Tak bosan2 nya ESP32
  2. L  E  D
  3. O  L  E  D
  4. Kabel Jumper
  5. Bretbrot
  6. Chrome karena saya makenya chrome :)
  7. HP saya buat rekam video
  8. kabel USB
  9. VSCODE yang ada PlatformIO nya
  10.  udah itu aja

Nah untuk rangkaian yang akan saya gunakan yaitu : 


Dan untuk program yang akan saya gunakan yaitu, namun sebelum upload karena saya menggunakan OLED yg tentunya perlu library Adafruit GFX dan Adafruit SSD1306, jadi jangan lupa tambahkan pada program nyaaa :D  : 

Setelah mengupload program copy IP address pada serial monitor, dan paste ke Chrome untuk membuka web nya.

Dalam melakukan ekplorasi kali ini saya mendapat banyak kendala, ketika mengontrol OLED hal itu disebabkan karena hal-hal sepele, seperti lupa inisialisasi address OLED, OLED yang bisa nyala tapi gk bisa dimatikan lagi wkwkwk, ketidaktahuan saya dalam menambah variabel OLED pada HTML nya, dan lain sebagainya.Namun setelah sekian lama akhirnya saya berhasil juga. ALHAMDULILLAH REJEKI ORANG PUASA :D. Berikut hasil yang saya peroleh : 



-- Advanced Weather Station


Okee gess, langsung aee, KENALIN SAYA AHMAD RIZKI, NIM 18221071. kali ini saya akan mengerjakan PROJECT MATKUL SISTEM EMBEDDED saya yang ke-9 yaitu mengenai WEB SERVER. pada project ini, saya akan membuat WEATHER STATION, dimana WEB SERVER akan menampilkan nilai yang di deteksi oleh sensor.

Untuk sensornya sendiri, karena BME280 saya rusak, jadi saya akan menggunakan dua sensor untuk menggantikannya yaitu DHT (Untuk mengukur humidty), serta BMP280 (Untuk mengukur suhu, tekanan, dan altitude), sehingga kedua sensor tersebut akan dapat menggantikan fungsi kerja dari BME280, juga sebagai bagian EKSPLORASI yang berbeda dari RANDOMNERDTUTORIAL :D.

Oke lanjutt. Untuk alat dan bahan yang saya gunakan pada percobaan kali ini yaitu :
  1. ESP32
  2. DHT11 Sensor
  3. BMP280 Sensor
  4. Kabel USB
  5. Kabel Jumper
  6. Laptop Saya
  7. Google Chrome buat buka Web nya
dan rangkaian yang saya gunakan yaitu : 

Serta program yang saya gunakan beserta penjelasannya yaitu, dapat dilihat pada gambar berikut. Namun sebelum mengupload program pastikan kalian memiliki library Adafruit DHT Sensor, Adafruit BMP280, serta Adafruit Unified Sensor. Dan sebenarnya program nya tidak terlalu susah, karena project kali ini merupakan project gabungan dari project 8: Sensor Eksternal, dan project 9: WiFi Communication.

Lalu setelah program berhasil di upload, pada serial monitor akan terdapat IP Address (yang saya tandai). Setelah itu, copy IP Address tersebut, dan paste ke Browser. Namun setelah saya paste, tampilan pada web nya HUMIDITY yg seharusnya dideteksi oleh DHT11 saya tidak terbaca.

Namun setelah saya memindahkan posisi DHT11 saya di lubang breadboard yang berbeda akhirnya saya berhasill, maklumlah REJEKI ORANG PUASA WKWK. Sehingga, tampilan pada WEB saya akan terlihat seperti berikut.



----------------------------------------------------------------------------------

Ternyata sistem embedded sangat menyenangkan :D
SEKIAN jagan batalin puasa nya yaa teman-teman !!!

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ


Komentar