Sistem Embedded: Project Opsional

Project Opsional: Temperature and Humidity Monitor Using Whatsapp and ESP32





Oke gaisss, kembali lagi bersama saya amrizzzzz. Oke kali ini saya ingin membuat sebuah project yang sebenarnya nggk wajib untuk dibuat, tetapi karena saya ingin dapet index baguss, jadi saya mencoba membuat project ini.

Nah pada project ini, saya akan mencoba untuk memnoitor hasil pembacaan sensor DHT11 kedalam WhatsApp. Menarik nggk sihhh??? Oke jika penasaran, langsung aja simak pembahasan berikut.

Untuk alat dan bahan nya sendiri cukup simpel karena hanya membutuhkan : 
  1. Laptop
  2. ESP32
  3. Kabel USB
  4. DHT11
  5. Kabel Jumper Female-to-Female
Nah untuk langkah-langkah nya sendiri : 
  1. Buka link (https://thingesp.siddhesh.me/), buat sebuah akun, dan buat sebuah project di dalamnya. Yang dimana jika sudah maka, akan menampilkan halaman seperti gambar dibawah


  2. Laluuu, buka link (twilio.com), buat pula sebuah akun, dimana nanti kalian akan dihadapkan banyak verifikasi nomor telepon yang tentunya sangat lama. Dan buat sebuah project juga didalamnya, dan jika sudah kalian akan dihadapkan pada halaman berikut. (Nah kalian harus mengcopy-paste link dari web thingesp ke twillio, seperti pada gambar, setelah itu save)


  3. Laluuu, jika sudahhh, pada web twilio terdapat nomor WhatsApp dan Code untuk menghubungkan akun WhatsApp dan juga server nya. Maka save nomor tersebut terlebih dulu kedalam hp kalian masing-masing.
  4. Setelah itu, upload program dibawah kedalam ESP32, jangan mengganti username thingesp, project name thingesp, serta credential project thingesp. Dan juga jangan lupa untuk memasukkan SSID WiFi beserta password.

  5. Setelah di upload, kirim kode yang telah diberikan pada web twilio, lalu kalian bisa mengirimkan perintah untuk memonitor hasil pembacaan DHT11 seperti pada video berikut.




Untuk kendala yang saya alami, pada proses membuat project ini yaitu dimana saat memverifikasi nomor telepon saya saat ingin membuat akun dan project pada web Twilio membutuhkan waktu yang sangat lama, sebab kode verifikasi tidak diterima oleh handphone saya, namun setelah mencoba secara terus-menerus akhirnya kode verifikasi dapat diterima juga.

Okee mungkin sekian project saya yang terakhir bangettt inii, sekian dan TERIMA KASIH

Komentar